031-99043013 | 085607001721 | BBM : DABD3258 info@intanaya.com

Intanaya Tour Travel Umroh Haji Surabaya – Tak terasa sebentar lagi kita akan berjumpa kembali dengan lebaran Idul Adha, hari raya terbesar dalam Islam. Kalau hari raya Idul Fitri hanya 1 hari yang Allah haramkan untuk kita shaum/puasa, yakni tanggal 1 syawal, maka di hari raya Idul Adha, Allah mengharamkan kita shaum selama 4 hari, yakni pada tanggal 10 dzulhijjah, ditambah tiga hari di hari tasyriq, yakni tanggal 11,12, dan 13 dzulhijjah.

Ini menunjukkan bahwa Idul Adha lebih besar dari Idul fitri. Meski, realitasnya kaum muslimin di Indonesia khususnya, lebih serius mempersiapkan hari raya Iedul fitri daripada hari raya Iedul Adha. Semestinya kita harus lebih serius dalam mempersiapkan hari raya Iedul Adha, utamanya dalam mempersiapkan diri untuk bisa menyembelih hewan kurban di hari-hari di mana kita dilarang shaum, di hari raya dan hari tasyrik, yakni tanggal 10,11,12 dan 13 dzulhijjah.

Tidak ada amalan yang paling baik dan paling utama untuk dilakukan seorang hamba di hari raya Idul Adha, kecuali amalan menyembelih hewan kurban. Maka niatkan dan persiapkan diri kita untuk bisa menyembelih kurban setiap kali datang hari raya Idul Adha, meski secara ekonomi kita tidak berlimpah. Allah Maha tahu, Allah maha pemurah. Allah akan melihat kesungguhan ikhtiar hamba-hamba-Nya.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa amal yang paling disukai Allah adalah amal yang dilakukan secara kontinyu meski kecil, demikian juga dalam hal berkurban. Bagi kita yang mungkin secara ekonomi minim, tabungan kurban yang kita kumpulkan rupiah demi rupiah setiap saat, semoga menjadi saksi kesungguhan dan kontinyunya amal kita. Semoga menjadi bagian amal yang dicintai Allah swt.

Jika harga seekor kambing misalnya 2 juta rupiah, sementara dalam satu tahun tersedia waktu 360 hari, maka rata-rata yang harus kita tabung dalam satu hari untuk bisa berkurban setiap tahun, adalah sebesar Rp 5555,5555 atau kita bulatkan menjadi Rp 6000 (enam ribu rupiah).

Insya Allah tidak berat ya.

Facebook

Twitter