031-99043013 | 085607001721 | BBM : DABD3258 info@intanaya.com

Kota Kurma, itulah salah satu julukan yang dikenal  dari kota Madinah. Karena di kota nabi inilah terdapat banyak beragam macam kurma dan olahan kurma, tak pelak kurma menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang tidak pernah dilewatkan oleh jamaah Umroh atau Haji, terutama yang berasal dari Indonesia. Terutama di sepanjang jalan dekat Masjid Nabawi, banyak sejali dijajakan macam ragam kurma dan jenis olahannya.

Pada hari Sabtu, tanggal 7 Mei 2016, kemarin, dikesempatan city tour, para jamaah Intanaya Tour diajak oleh Ustadz Ferry jalan-jalan ke Pasar Kurma yang mana banyak TIDAK dikenal oleh kalangan jamah umroh Indonesia.

Apa nama Pasar Kurma ini? Namanya adalah Souq El Tumoor

Jarang lho, orang yang mendengar nama pasar kurma yang terbesar di Madinah ini, Padahal untuk sampai ke tempat Pasar Kurma,  Souq El Tumoor ,bisa dicapai dengan jalan kaki saja.Terlebih para pengendara mobil di Kota Madinah terkenal sopan-sopan dan menghormati serta mengutamakan pejalan kaki.

Dengan kondisi seperti ini, berjalan kaki ke Pasar Kurma,  Souq El Tumoor, akan menjadi salah satu agenda City Tour yang menyenangkan, tidak usah takut sewaktu menyeberang jalan dan lagi trotoar untuk pejalan kaki yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi sangat lebar.

Tidak sulit kok untuk menemukan Pasar ini, memang sih lokasi utamanya agak terlindung dari Masjid. Jadi bila hendak berjalan-jalan kesana, bias dimulai dari posisi disamping kubah hijau makam Rasulullah SAW dan membelakangi kompleks Makam Baqi.

Kemudian dari sini, terus saja lurus kedepan. Pas sudah sampai di batas samping kiri halaman Masjid, sudah terlihat deretan lapak-lapak dan toko-toko penjual kurma beserta olahannya. Toko-toko dan lapak ini adalah bagian dari pasar kurma yang dimaksud, tapi belum sampai pada pusat (sentra) pasarnya.

Untuk menuju pusat Pasar Kurma Souq El Tumoor, Anda masih berjalan menyusuri deretan took dan lapak-lapak tersebut . setelah itu belok sedikit barat lalu ke arah timur, ketemu deh Sentra Pasar Kurma ini. Apabila di total, kira-kira hanya 1km an jaraknya dari Masjid Nabawi, tapi tidak banyak jamaah Haji atau Umroh asal Indonesia yang tahu mengenai pasar kurma terbesar di Madinah ini.

Untunglah ada Ustadz Ferry,  bila tidak jamaah Intanaya Tour akan membeli kurma di tempat lain dimana perbedaan harga nya cukuplah besar. Terlebih suasana di Pasar Kurma,  Souq El Tumoor ini cukuplah nyaman, sebab para pemilik toko akan dengan senang hati menjelaskan kurma-kurma yang mereka jual.

Terutama apabila anda pandai menawar, tentunya kurma yang akan anda bawa sebagai oleh-oleh akan semakin banyak dan beragam lho, karena di pasar ini diperbolehkan proses tawar menawar. Tampak di foto-foto yang dikirimkan oleh Ustadz Ferry, para jamaah Intanaya Tour pada keberangkatan di bulan Mei 2016 ini sangat menikmati suasana di Pasar Kurma Souq El Tumoor ini.

Untuk Umroh Penuh Makna, Percayakan Kepada Kami, Intanaya Tour
031-99043013 | 081553269700 | BBM : 2BF9BF7B

Facebook

Twitter