031-99043013 | 0813-8888-3048 | Jl. Puri Jambangan Baru III/8, Surabaya intanayatour.travel@gmail.com

MASJID PERTAMA YANG DIBANGUN NABI MUHAMMAD SAW

masjid-pertama-yang-dibangun-nabi muhammad saw

SEJARAH SINGKAT MASJID QUBA

Masjid Quba adalah salah satu masjid tertua di dunia dan merupakan masjid pertama di kota madinah yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah. Masjid ini terletak di dekat Madinah, Arab Saudi. Menurut sejarah Islam, Nabi Muhammad SAW tinggal di Quba’ selama enam atau tujuh hari setelah hijrah ke Madinah. Memiliki pesona keindahan dan nilai Sejarah yang penting dalam tarikh Islam sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Selama masa itu, beliau menyusun perjanjian Madinah dengan suku-suku di sekitar kota, dan memerintahkan para sahabatnya untuk membangun masjid di Quba’. Setelah masjid selesai dibangun, Nabi Muhammad SAW sering melakukan shalat di sana. Masjid Quba juga merupakan tempat dimana Nabi Muhammad SAW melakukan shalat Idul Fitri pertama setelah hijrah ke Madinah. Saat ini, Masjid Quba merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam di seluruh dunia, dan sering dikunjungi oleh jemaah haji dan umrah.

Masjid tersebut menjadi titik awal sejarah kemasjidan dalam Islam. Ia berada di tepi Kota Madinah di kawasan perkampungan yang dinamai Quba, lebih kurang 5 km di arah selatan Masjid Nabawi.

Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan Rasulullah Saw kepada Allah SWT.

“Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang – orang yang bersih.” (QS. At – Taubah [9] : 108)

Dalam hadis, banyak riwayat yang menyebutkan keistimewaan Masjid Quba. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi RA menyebut salat di Masjid Quba sama pahalanya dengan melaksanakan umrah.

Alhamdulilah berita dan event Intanaya Haji Umroh Jamaah Grup 7 Desember 2022 mengikuti kegiatan ziarah kota madinah, salah satunya Masjid Quba, Jamaah sangat antusias melihat masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan melaksanakan Shalat Sunnah.

Open Chat
Mau Tanya Program Paket Umroh 1444 H ?
Langsung Klik Open Chat ya kami bantu Informasi Program Umroh 1444 H