031-99043013 | 0813-8888-3048 | Jl. Puri Jambangan Baru III/8, Surabaya intanayatour.travel@gmail.com

PERKIRAAN KUOTA HAJI INDONESIA 2023

perkiraan kuota haji indonesia 2023

Perkiraan Kuota Haji Indonesia – Musim Haji periode waktu di mana jemaah haji dari seluruh dunia dapat melakukan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi. Musim haji di Indonesia biasanya berlangsung selama sekitar 2 bulan, dari bulan Dzulhijjah hingga Muharram (dalam kalender Islam).

Kuota Haji Indonesia 2023

Kuota haji  jumlah jemaah haji yang diizinkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk setiap negara yang akan melakukan ibadah haji. Kuota haji Indonesia ditentukan oleh pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi melalui kerja sama bilateral.  Sebagai informasi, Kementrian Republik Indonesia memastikan jumlah kuota haji di indonesia tahun 2023 mencapai di angka 221.000 jamaah. Angka tersebut didapat dari kesepakatan oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Kerajaan Arab Saudi yang diwakili Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah. “Alhamdulilah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji di indonesia tahun ini sebesar 221.000 jamaah”. Kata Menag Yaqut melalui keterangan tertulisnya. Kuota haji indonesia tahun ini terdiri dari 203.320 jamaah haji reguler, dan 17.680 jamaah haji khusus. “Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,” tambah Menag. Selain kuota haji, terdapat kebjakan berubah untuk penyelenggaraan haji tahun 2023, mulai dari sistem syarikah pengganti muassasah.

Baca juga : Kuota Haji 2023 Sebanyak 221 Ribu, Tidak Ada Pembatasan Usia

Tidak Adanya Batasan Usia

Kementrian Agama Republik Indonesia mengatakan, dalam pembicaraan dengan Menteri Haji Saudi disepakati tidak adanya pembatasan usia. Sebagaimana diketahui, Tahun 2022 Pemerintah Arab Saudi membatasi usia jamaah haji. Saat itu, Saudi menerapkan syarat usia jemaah haji dibawah 65 tahun. “Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji,”dari Menag. “Artinya jamaah 65 tahun ke atas dapat berangkat haji tahun ini.”lanjut Menag.

Syarikah Pengganti Muassasah

Menteri Tawfiq sangat senang untuk bisa memberikan tambahan kuota jamaah haji Indonesia. Tawfiq juga menambahkan tentang transformasi pelayanan haji di arab saudi. Menurut Tawfiq sudah tidak ada lagi muassasah, namun penyelenggaraan haji dilakukan oleh syarikah atau perusahaan. Ada enam syarikah (perusahaan) yang ditunjuk dalam pelaksanaan layanan ibadah haji tahun ini. Setiap negara, termasuk Indonesia, dapat memilih syarikah dalam menyiapkan layanan.

Kunjungi Paket Umroh 2023 dari Intanaya Haji Umroh :  Paket Umroh Surabaya Terbaru 2023 Intanaya Haji Umroh

Sumber : Kemenag Republik Indonesia

Open Chat
Mau Tanya Program Paket Umroh 1444 H ?
Langsung Klik Open Chat ya kami bantu Informasi Program Umroh 1444 H